Pages

June 27, 2013

Laksan

     Laksan adalah salah satu makanan khas Palembang yang mirip pempek, namun menggunakan kuah santan. Dengan citarasanya yang agak pedas, laksan cocok disajikan saat panas/hangat.


Laksan

(Resep Ny. Liem)

Bahan:
- 500 gram fillet ikan tengiri 
- 100 ml air es
- 1 butir telur
- 15 gram penyedap rasa
- 25 gram garam (1 sdm)
- 300 ml air es
- 550 gram sagu tani
- 250 gram sagu tani, untuk taburan

Kuah:
- 2 liter santan sedang
- 1 liter susu cair (saya skip)
- 5 sdm minyak, untuk menumis
- 500 gram kepala udang
- 25 gram garam
- 20 gram gula pasir
- 30 gram gula merah
- 5 gram merica bubuk
- 15 gram kaldu bubuk instan rasa ayam (bisa diskip)
- 15 gram penyedap rasa (bisa diskip)
- Bawang goreng secukupnya
- Irisan kucai secukupnya (saya ganti irisan daun bawang)

Bumbu Halus:
- 10 gram ketumbar
- 40 gram kemiri
- 200 gram bawang merah 
- 100 gram bawang putih
- 10 buah cabe merah (saya buang bijinya)

Cara membuat:
1. Campur ikan tenggiri, air es, dan telur jadi satu. Kocok dengan mikser hingga rata selama 5 menit.
    Masukkan garam dan penyedap rasa, kocok sambil dituangkan kembali air es hingga rata.
2. Masukkan sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang dapat dipulung. Jika       belum dapat dipulung, bisa ditambahkan tepung sagu.
3. Bentuk bulat lonjong. Rebus dalam air mendidih hingga mengapung dan matang. angkat dan tiriskan.             Lakukan hingga adonan habis.
4. Kuah: tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan kepala udang, aduk hingga berubah warna. Tuangkan     santan dan susu cair (saya nggak pakai), aduk dan masak hingga mendidih.
5. Bubuhi garam, gula pasir, gula merah, merica, kaldu bubuk dan penyedap rasa. Aduk hingga nmasak dan     kuah agak menyusut.
6. Letakkan laksan yang telah dipotong-potong ke mangkok. Tuang kuah, taburi kucai (atau daun bawang)      dan bawang goreng. Sajikan hangat/panas.

Catatan

- Adonan pempek bisa menggunakan resep pempek favorit sesuai selera. Saya juga tidak menggunakan resep pempek di atas, bahkan mengganti ikan tenggiri dengan ikan barakuda. Ikan tenggiri sedang jual mahallll :D.
- Saya tidak menggunakan takaran persis seperti resep di atas. Pakai ilmu kira-kira aja. Alhamdulillah enak juga :)
- Kepala udang juga tidak langsung saya tumis seperti resep di atas. Karena kebetulan saya punya stok kaldu udang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...